Rancang Bangun Pengukur Suhu Dan Kelembaban Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus : Gudang Bahan Kimia Metanol di PT.SUCOFINDO Bontang)

Penulis

  • Rudi Ahmad Maulana Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Hardianto Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Turahyo Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

DOI:

https://doi.org/10.59811/jper.v1i2.92

Kata Kunci:

NodeMCU ESP8266, Sensor DHT 11,, Internet of Things, Thinger.Io.

Abstrak

Gudang merupakan salah satu sarana penting dalam sebuah perusahaan, mengetahui suatu ruangan sehat atau tidak adalah dengan mengetahui suhu dan tingkat kelembaban ruangan tersebut, bahan kimia harus disimpan pada suhu dan kelembabapan tertentu untuk mencegah kerusakan bahan tersebut, diperlukan monitoring suhu dan kelembaban yang dapat dilakukan setiap saat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengumpulan secara studi litarur dan perancangan sistem perangkat lunak serta perangkat keras. Hasil dari penelitian ini yaitu NodeMCU ESP8266 dapat berkomunikasi dengan mikrokontroler dan juga koneksi internet sehingga dapat memantau suhu dan kelembaban secara real time. Sensor DHT 11 digunakan untuk megukur suhu dan kelembaban yang ada di dalam gudang penyimpanan bahan kimia metanol di sucofindo. Monitoring suhu dan kelembaban berbasis internet of things menggunakan thinger.io yang dapat dimonitor melalui personal computer. Monitoring yang dihasilkan dari perubahan suhu dan kelembaban berupa gambar atau tampilan di dekstop yang nantinya dapat tampil di smartphone atau personal computer.

Unduhan

Diterbitkan

04-01-2024 — Diperbaharui pada 17-01-2024

Versi

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Rancang Bangun Pengukur Suhu Dan Kelembaban Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus : Gudang Bahan Kimia Metanol di PT.SUCOFINDO Bontang). (2024). Journal Of Power Electric And Renewable Energy, 1(2), 62-68. https://doi.org/10.59811/jper.v1i2.92 (Original work published 2024)